Senin, 11 Oktober 2010

Ensiklopedi - Ukhuwah Islamiah

Ukhuwah artinya saudara.
Ukhuwah islamiah saudara sesama Islam, merupakan rasa persaudaraan yang didasari oleh kesamaan iman dan pedoman hidup secara islam.

Firman Allah dalam surat Al Hujurat ayat 10 : "Orang-orang yang beriman itu sesungguhnya bersaudara. Sebab itu damaikanlah (perbaikilah hubungan) antara kedua saudaramu itu dan takutlah terhadap Allah, supaya kamu mendapat rahmat."

Dengan ukhuwah islamiah hilang segala perbedaan, warna kulit, suku, asal dan kedudukan, tidak ada beda antara orang Arab dan bukan Arab, yang membedakan hanya ketakwaan kepada Allah.

Orang beriman wajib menjaga rasa persaudaraannya, ibadah-ibadah dalam Islam seperti shalat, zakat, puasa dan haji salah satu rahasia dan hikmahnya yang terkandung dalamnya adalah memperkuat ukhuwah islamiah.

Persaudaraan orang islam sesama islam bagaikan sebuah bangunan yang berdiri kokoh satu sama lainnya saling menguatkan dan saling membutuhkan, rasa kasih sayang, hubungan baik dan sopan santun satu sama lainnya, kalau dapat kata Rasulullah SAW hendaknya bagaikan sebatang tubuh, bila mana ada bagian tubuh yang sakit, maka seluruh tubuh akan merasa terganggu, sebagaimana dijelaskan dalam hadist pilihan berikut.


Orang Beriman Bagaikan Tubuh Manusia
"Dari Nu'man bin Basyir yang diredhai Allah keduanya, dia berkata : telah bersabda Rasulullah SAW; Perumpamaan orang beriman dalam kasih sayang mereka dan hubungan baik antara mereka seperti tubuh, apabila ada bagiannya terganggu (sakit), maka seluruh tubuh akan merasakan terganggu dan merasa sakit." (HR. Bukhari - Muslim).


Dikutip dari : Buletin Cahaya, Nomor 37 Tahun Ke-14 15 Syawal 1431 H / 24 September 2010 M.
Diterbitkan oleh : Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sumatera Selatan (PWM SumSel).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar