Kamis, 08 Juli 2010

Keutamaan berwudlu

Dari sejumlah dalil Nash menyebutkan terdapat beberapa keutamaan atau keistimewaan yang terkandung di dalam wudluk :
1. Ketahuilah bahwa wudluk merupakan syarat sahnya ibadah.
2. Allah mencintai orang-orang yang bertaubat dan yang selalu menjaga kesucian dirinya (thaharah). Sedangkan wudluk adalah bagian dari tharah.
3. Orang Islam yang berwudluk dengan bagus dan sempurna akan diampuni dosa-dosanya yang lalu, antara waktu shalat ke waktu berikutnya.

Rasulullah SAW bersabda yang artinya : "Sesungguhnya aku (Usman bin Affan) mendengar Rasulullah bersabda, tidaklah berwuduk seorang muslim melainkan dengan cara yang bagus wudluknya, lalu ia mengerjakan shalat maka Allah akan memberikan ampunan kepadanya antar waktu shalat dan waktu berikutnya." (H.R. Muslim).

"Usman berkata, saya mendengar Rasulullah berkata : tidaklah seorang muslim ketika waktu shalat datang ia berwudluk dengan bagus dan sempurna, begitu pula kekhusukannya dan rukuknya, maka akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu."

"Dari Usman bin Affan, ia berkata : Aku mendengar Rasulullah bersabda, barangsiapa berwuduk dengan baik, lalu ia pergi mengerjakan shalat fardlu, lalu ia shalat bersama manusia, atau sekelompok orang atau di masjid, niscaya Allah akan mengampuni dosa-dosanya." (H.R. Muslim).


Penulis : Prof. Dr. H. Romli SA, MAg.
Dikutip dari : Buletin Cahaya, Nomor 16 Tahun Ke-14 08 Jumadil Awal 1431 H / 23 April 2010 M.
Diterbitkan oleh : Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sumatera Selatan (PWM SumSel).

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar