Selasa, 05 Oktober 2010

Ensiklopedi - Adil

Adil secara bahasa berarti istiqamah, tegak lurus.
Pengarang Mu'jamul Wasith; Adil itu ialah insyaf dan memberikan seseorang haknya dan mengambil apa yang menjadi kewajibannya.

Adil berarti memberikan/membagikan sesuatu sesuai dengan hak orang yang berhak menerimanya, juga bisa berarti mengatur, menentukan dan memutuskan sesuatu dengan tidak berat sebelah dan tidak memihak ke salah satu pihak. Termasuk pengertian adil menyatukan hak dan kewajiban dan berbuat sesuai dengan aturan, banyak sekali ayat yang memerintahkan kita berlaku adil, diantaranya : "Maka damaikanlah antara keduanya dengan adil dan berlaku adillah, sesungguhnya Allah mencintai orang yang berlaku adil."

Orang Islam dituntut berlaku adil dalam segenap aspek kehidupan baik berupa perkataan, perbuatan, akhlak dan dalam menghukum. Orang Islam yang dapat melakukan aturan Islam sesuai dengan semestinya maka dia adalah orang yang adil.

Adil terhadap diri sendiri dengan memberikan haknya dan tidak melakukan apa yang akan menimbulkan kebinasaan terhadap dirinya seperti perbuatan maksiat. Adil terhadap keluarga dengan menjaga kehormatan keluarga dan menjaga agar jangan melakukan perbuatan yang menjerumuskan ke neraka, memberikan hak keluarga sesuai dengan posisi seseorang di tengah keluarga apakah sebagai ayah, ibu, anak, isteri dan suami, masing-masing punya hak dan kewajiban. Adil terhadap orang lain dengan memberikan haknya.

Orang yang berlaku adil di dunia akan mendapatkan kedudukan yang mulia di sisi Allah karena keadilan sangat dekat dengan takwa, dan akan mendapatkan ketenangan serta kebahagiaan di akhirat.


Kemuliaan Orang yang Adil.
"Dari Abdullah bin Amru bin Ash yang diredhai Allah keduanya, dia berkata: telah bersabda Rasullah SAW; sesungguhnya orang yang berlaku adil disisi Allah berada di atas mimbar cahaya, yaitu orang yang adil dalam hukuman mereka dan terhadap keluarga dan apa yang diberikan kepada mereka dari kekuasaan." (HR. Muslim).

Dikutip dari : Buletin Cahaya, Nomor 38 Tahun Ke-14 22 Syawal 1431 H / 1 Oktober 2010 M.
Diterbitkan oleh : Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sumatera Selatan (PWM SumSel).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar