Selasa, 05 Oktober 2010

Nasihat Iblis pada Nabi Musa

Isi khutbah Jumat kali ini mengambil kisah dari Nasehat Iblis kepada Nabi Musa AS. Ceritanya kurang lebih seperti ini, pada suatu waktu, datang Iblis menemui Nabi Musa AS untuk menyampaikan nasehat sebanyak 1003 nasihat. Nabi Musa yang seorang Nabi tentu saja langsung mengusir Iblis tersebut, tetapi belum jauh si Iblis itu pergi, datanglah Malaikat Jibril memberitahu Nabi Musa agar memanggil kembali si Iblis dan menerima nasihat yang 3 saja, sedangkan yang 1000 kata Malaikat Jibril adalah bohong dan tidak benar semua. Maka dipanggillah lagi si Iblis oleh Nabi Musa. Singkat cerita si Iblis pun memberikan nasihat yang 3 itu kepada Nabi Musa, yaitu :

1. Jika engkau berniat berbuat hal kebaikan, maka jangan tunda-tunda lagi, bersegeralah lakukan, karena aku (iblis) akan membujukmu untuk berbuat baik tersebut.

2. Jika engkau berdekatan dengan kaum hawa yang bukan muhrimmu, maka waspadalah, jangan sampai engkau terlena, karena aku(Iblis) akan berada di tengah-tengahmu untuk membujukmu berbuat hal yang tidak-tidak.

3. Jika kamu dalam kondisi marah dan meledak-ledak amarahmu, segeralah engkau sadar, karena aku(Iblis) yang akan menjadi dalang dari kemarahanmu.

2 komentar:

  1. cerita bagus

    yang paling susah ditahan tuh ketika bersama orang yang bukan muhrim

    disini setan selalu berhasil menggoda

    BalasHapus
  2. Mohon izin share utk kebaikan bersama

    BalasHapus