Kamis, 11 November 2010

Ensiklopedi - agama

Agama berasal dari bahasa Sangsekerta, terdiri dari dua kata A = tidak, gama = pergi, agama artinya: pegangan ke arah kekekalan. Pengertian lain Agama = tidak kacau (A = Tidak, Gama = Kacau) agma juga diartikan Teks atau kitab suci, dengan demikian diantara definisi agama ialah pengakuan terhadap adanya hubungan manusia dengan kekuatan ghaib yang harus dipatuhi.

Definisi lain Ajaran yang diwahyukan Allah kepada manusia melalui seorang Rasul (Harun Nasution). Dalam Al Qur'an dan Hadist pengertian agama mempergunakan kata AD-DIIN, Ad diin menurut bahasa berarti Patuh, tunduk, hari akhirat, balasan, undang-undang(syari'ah). Pengarang Mu'jamul wasith mengartikan ad-Diin :
1. Ad-Diin ialah nama untuk semua pengabdian/ibadah kepada Allah.
2. Ad-Diin ialah Keyakinan yang tertanam dalam hati dan ikrar dengan lidah dan diamalkan dengan anggota.

Pengertian Ad-Diin menurut Keputusan Tarjih Muhammadiyah HPT 276 :
1. Agama Islam yang dibawa oleh Nabi Muhammad SAW ialah apa yang diturunkan Allah dalam Al-Quran dan As-Sunnah yang shahih, berupa perintah-perintah dan larangan-larangan serta petunjuk untuk kebaikan manusia di dunia dan di akhirat.
2. Agama yang diisyari'atkan Allah dengan perantaraan nabi-nabi-Nya berupa perintah-perintah, larangan-larangan serta petunjuk untuk kebaikan manusia di dunia dan di akhirat.

"Sesungguhnya agama(yang diridhai) disisi Allah hanyalah Islam". Penggunaan Ad-Diin untuk Islam lebih tepat dan baik dari kata-kata agama dengan sebutan Ad-Dinul Islam.


Orang Beriman Bagaikan Tubuh Manusia
"Dari Nu'man bin Basyir yang diredhai Allah keduanya dia berkata, telah bersabda Rasulullah SAW;"Perumpamaan orang beriman dalam kasih sayang mereka dan hubungan baik antara mereka seperti tubuh, apabila ada bagiannya terganggu(sakit), maka seluruh tubuh akan merasakan terganggu dan merasa sakit." (HR. Bukhari Muslim).


Dikutip dari : Buletin Cahaya, Nomor 23 Tahun Ke-14 29 Jumadil Akhir 1431 H / 11 Juni 2010 M.
Diterbitkan oleh : Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sumatera Selatan (PWM SumSel).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar