Rabu, 16 Juni 2010

Ensiklopedi - Tajwid

Tajwid secara bahasa berarti membaguskan, menurut istilah Tajwid ialah Memperbaiki bacaan Al Qur'an dengan menyebutkan huruf sesuai dengan hak dan makhraj hurufnya, dan membaca Al Qur'an sesuai dengan tertib dan cara membacanya.

Dalam ilmu tajwid diajarkan bagaimana cara melafazkan huruf dengan benar dan sesuai dengan akhraj (cara keluarnya huruf dari mulut) dan bagaimana cara melantunkan bunyi-bunyi huruf dan kalimat panjang atau pendeknya, dengung atau tidaknya, dan mengetahui cara berhenti atau waqaf serta cara meneruskan bacaan.

Ada beberapa istilah dalam ilmu tajwid diantaranya Mad artinya panjang, Idgham bi Ghunnah memasukkan huruf nun mati atau tanwin kedalam huruf yang sesudahnya dengan tidak mendengungkan, Idzhar yaitu menjelaskan bunyi nun mati atau tanwin bila ketemu dengan huruf Idzhar, Ikhfa menyembunyikan bunyi huruf nun mati atau tanwin dengan samar-samar kedalam huruf yang sesudahnya, Iqlab mendengungkan huruf mim mati bila ketemu dengan huruf ba dan istilah lainnya. Semuanya terhimpun dalam satu ilmu namanya ilmu Tajwid.

Tajwid merupakan salah satu adab membaca Al Qur'an, karena membaca Al Qur'an berbeda caranya dengan bacaan Bahasa Arab lainnya, walaupun membaca hadist. Dan sejak zaman Nabi SAW sampai sekarang ummat Islam mempunyai kepedulian khusus tentang cara membaca Al Quran dengan tajwid dan banyak sekali buku yang ditulis tentang ilmu tajwid.

Pahala membaca Al Qur'an
"Barang siapa yang membaca satu huruf Al Quran maka untuknya satu kebaikan dan kebaikan itu bernilai sepuluh kali lipat."

Keterangan : Berdasarkan hadist shahih riwayat Tarmidzi yang diterima dari Riwayat Abdullh Ibnu Abbas, dimana beliau menjelaskan bahwa Al Qur'an yang dibaca akan diberi pahala dan setiap huruf yang dibaca, dalam hadist lain dikatakan Alif satu huruf, lam satu huruf dan Mim satu huruf, setiap satu akan digandakan menjadi sepuluh.


Dikutip dari : Buletin Cahaya, Nomor 29 Tahun Ke-13 9 Sya'ban 1430 H / 13 Juli 2009 M.
Diterbitkan oleh : Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sumatera Selatan (PWM SumSel).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar