Senin, 07 Juni 2010

Ensiklopedi - Al Qur'an

Al Qur'an terambil dari kata Qaraa mashdarnya Qiraatan atau Quran, arti aslinya membaca, disini artinya Yang dibaca, sedang menurut istilah Syara', Al Qur'an ialah Firman Allah yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad SAW melalui malaikat Jibril, beribadah membacanya.

"Sesungguhnya atas tanggungan kamilah mengumpulkannya (di dadamu) dan (membuatmu pandai) membacanya. Apabila Kami telah selesai membacakannya maka ikutilah bacaannya itu." (QS. Al Qiyamaah : 17-18)

Nama lain dari Al Qur'an adalah Al-KITAB (lihat QS. Al-Anbiya : 10) artinya yang ditulis, didalamnya pedoman hidup dari Allah yang ditulis berupa kitab, Al-FURQON (QS. AL Furqon : 1) artinya pembeda, karena Al Quran adalah pembeda antara yang hak dengan yang bathil, yang benar dengan yang salah. ADZ-DZIKIR (QS. Al Hijir : 9) artinya Al Quran itu bahan dzikir dan peringatan bagi manusia, AT-TANZIL (QS. Asy Syu'ara : 192) artinya yang diturunkan Allah. Dalam beberapa ayat Al Qur'an diberitakan Allah dengan beberapa sifat : An Nur (An Nisa' : 174) artinya cahaya, HUDA (petunjuk), SYIFA (obat), RAHMAT, MAU'IDZAH (pelajaran) (lihat QS. Yunus : 57), dan MUBARAK yang diberkahi (QS. Al An'am : 92), BUSYRA kabar gembira (QS. Al Baqarah : 97), dan NADZIRA artinya peringatan (QS. Fushilat : 3-4) nama dan sifat Al Qur'an adalah mencerminkan isinya sebagai pedoman hidup manusia untuk mencapai kebaikan dunia dan kebaikan akhirat.

Kemuliaan dengan Al Qur'an
"Sesungguhnya Allah meninggikan derajat/memuliakan beberapa kaum dengan kitab Al Qur'an ini, dan menghinakan dengannya kaum yang lain."

Keterangan : Berdasarkan hadist Shahih, riwayat Muslim diterima dari Umar bin Khattab yang mendengar Nabi mengucapkan hadist ini, dimana dengan berpegang dan berpedoman dengan Al Qur'an dalam mengarungi kehidupan dunia ini, akan diberi Allah kemuliaan dan kedudukan, dan banyak kaum yang diangkatkan derajatnya oleh Allah dengan Al Qur'an sebaliknya Allah akan menghinakan orang-orang atau kaum yang tidak berpegang kepada Al Quran apalagi yang memusuhinya.


Dikutip dari : Buletin Cahaya, Nomor 27 Tahun Ke-13 21 Rajab 1430 H / 17 Juli 2009 M.
Diterbitkan oleh : Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sumatera Selatan (PWM SumSel).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar